Team Teaching dalam Pembelajaran PAI (era KBK)

team teaching

Skripsi – Lestari, Sri 2008. Penerapan Metode Team Teaching dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Pada Siswa Kelas I SDMT Ponorogo Tahun Pelajaran 2007-2008. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Jurusan Tarbiyah Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Ponorogo. Pembimbing (I) Drs. Harjali, M.Pd., Pembimbing (II) Drs. Waris.

Kata Kunci : Penerapan, Metode Team Teaching

Pendidikan merupan faktor terpenting dalam kehidupan manusia. Dalam pendidikan di sekolah, guru merupakan salah satu faktor  yang berpengaruh terhadap tercapainya suatu tujuan pendidikan. Oleh karena itu untuk mencapai keberhasilan tujuan pendididkan dari pengajaran yang ia lakukan, diperlukan metode khusus untuk mencapai tujuan pendidikan Islam. Metode yang diterapkan adalah metode team teaching pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Metode team teaching ini dinilai dapat membantu tercapainya tujuan pengajaran sehingga proses pembelajaran berhasil secara optimal.

Untuk memperjelas isi skripsi ini peneliti merumuskan masalah sebagai berikut: (1) Apa yang melatar belakangi diterapkannya metode team teaching dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada siswa kela I SDMT Ponorogo ? (2) Bagaimana laangkah-langkah metode team teaching dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SDMT Ponorogo ?

Untuk menjawab pertanyaan di atas, jenis penelitian yang digunakan adalah studi kasus dengan pendekatan kualitatif. Adapun teknik pengumpulan data menggunkan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisa data yang digunakan adalah teknik analisa yang diberikan Miles and Huberman, yaitu reduksi data (data reduction), penyajian data (data display), dan penarikan kesimpulan (conclusion).

Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwasannya (1) Latar belakang penerapan metode team teaching di SDMT Ponorogo adalah karena adanya perbedaan sifat dan karakter peserta didik serta menciptakan belajar bermakna. (2) Langkah-langkah metode team teaching. (3) Kekurangan dari metode team teaching adalah kadang tidak kompak dalam mengajar, anak-anak cenderung rame, pembiayaan sekolah untuk intensif guru bertambah, kelebihannya yaitu perhatian dari guru lebih banyak karena ada 2 orang guru yang mengajar, tugas guru menjadi lebih ringan, hubungan dari sesama guru menjadi lebih harmonis, manfaatnya guru akan lebih mudah mengontrol emosi, siswa akan dapat tertangani dengan baik, dalam pengelolaan kelas lebih baik karena ada yang membantu.

Related Blogs

Leave us a Comment