Implementasi K-13 pada PAI SDMT

PAI2

Skripsi – M. Fata Muhtarima. Skripsi. 2015. Implementasi Kurikulum 2013 Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Dasar Muhammadiyah Terpadu Ponorogo.

SD Muhammadiyah Terpadu adalah salah satu sekolah yang menerapkan kurikulum 2013 sebagai kurikulum  baru pengganti dari kurikulum sebelumnya. Pada penelitian pendahuluan, ditemukan bahwa para guru di SD Muhammadiyah Terpadu juga sudah mempersiapkan untuk menyongsong implementasi Kurikulum 2013 seperti mengikuti diklat kurikulum dalam rangka untuk lebih memahami penerapan kurikulum 2013. Para guru tidak hanya diam dan menunggu dari pemerintah, tetapi mereka juga aktif mencari informasi dan pedoman pelaksanaan kurikulum 2013, seperti browsing di internet dan bertanya kepada pakar kurikulum yang lebih paham tentang kurikulum 2013.

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan: (1) Untuk mengetahui bagaimana implementasi kurikulum 2013 pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SD Muhammadiyah Terpadu Ponorogo (2) Untuk mengetahui dampak Implementasi Kurikulum 2013 terhadap pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SD Muhammadiyah Terpadu Ponorogo (3) Untuk mengetahui faktor-faktor pendukung dan penghambat Implementasi Kurikulum 2013 pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SD Muhammadiyah Terpadu Ponorogo.

Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data dalam penelitian menggunakan teknik analisis data model Miles & Huberman meliputi: reduksi data (data reduction), penyajian data (data display), dan penarikan kesimpulan (conclusion) yang terdiri dari 4 (empat) tahapan yang harus dilakukan, yaitu: pengumpulan data, reduksi data, display (sajian) data, dan penarikan kesimpulan dan/atau verifikasi.

Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa (1) secara umum SD Muhammadiyah Terpadu Ponorogo telah mengimplementasikan pendekatan kurikulum 2013 pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam akan tetapi mengalami kesulitan dalam administrasinya (2) Implementasi kurikulum 2013 terhadap pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SD Muhammadiyah Terpadu Ponorogo tidak berdampak signifikan karena sebelumnya SD Muhammadiyah Terpadu Ponorogo telah menerapkan pembelajaran yang mengarah pada kurikulum 2013 (3) Faktor pendukung dari implementasi kurikulum 2013 di SDMT pada mata pelajaran PAI adalah karena metode dan esensi dari kurikulum 2013 sepaham dengan kebutuhan pembelajaran di SDMT dan keberadaan internet sebagai lahan belajar siswa sehingga siswa bisa mandiri dalam belajar menjadi faktor pendukung implementasi kurikulum 2013. Faktor penghambat dalam implementasi kurikulum 2013 di SDMT adalah terkait perangkat yang ribet dan buku yang belum diterima sehingga menjadikan guru keberatan dan membebani.

Kata Kunci : Kurikulum 2013 dan Pendidikan Agama Islam

Gambar : hanya ilustrasi

 

Related Blogs