Manasik Haji

Event Description

SDMT Ponorogo di tiap tahunnya pada moment Idul Adha, selain mengadakan latihan penyembelihan hewan Qurban, juga menyelenggarakan manasik haji (latihan).
Latihan ritual haji ini diadakan di lingkungan sekitar SDMT. Ritual dimulai dengan memberangkatkan seluruh siswa dari sekolah ke Miqot yang mengambil tempat di mushola Sirotul Jannah di pertigaan jalan Jagadan (barat SDMT). Di Miqot ini, para siswa dikenalkan bagaimana menetapkan niat berhaji dan mengenakan kain ihrom.
Setelah berihram, siswa yang terbagi menjadi 3 rombongan diberangkatkan menuju Masjidil Haram yang mengambil tempat Masjid Ihsan. Rombongan masuk masjid lalu sholat dua rokaat lalu menuju Ka’bah melalui Babus-salam. Di Ka’bah mereka melakukan thowaf (berkeliling) 7 kali. Setelah jeda minum air zam-zam, rombongan melakukan ritual sa’i yaitu berlari-lari kecil sebanyak 7 kali dari Shafa ke Marwah. Lokasi untuk kegiatan Aa’i ini menggunakan area jalan Jagadan depan Masjid Ihsan hingga depan SDMT Ponorogo.
Usai Sa’i rombongan melakukan tahallul atau pemotongan beberapa helai rambut. Setelah itu, rombongan melanjutkan perjalanan ke Mina, untuk singgah persiapan ke padang Arafah melakukan Wuquf. Lokasi Mina menggunakan gedung Buya Hamka, sedangkan padang Arafah adalah halaman belakang SDMT depan gedung Kreatif. Setelah Wuquf di Mina, rombongan menuju Muzdalifah untuk mabit dan mencari kerikil guna persiapan lempar Jumroh di Mina. Adapun kerikil yang digunakan dalam manasik haji ini adalah kertas-kertas bekas yang digumpalkan kecil-kecil sebanyak 21 butir. 7 butir dilemparkan di Jumroh Ula, 7 di Jumroh Wustho dan 7 lagi di Jumroh Aqobah. 
Sedianya, lembar Jumroh ini dilakukan 3 malam berturut-turut seperti yang dilakukan di atas. Namun untuk efisiensi waktu, siswa cukup diberi penjelasan bahwa lempar jumroh yang sebenarnya adalah seperti itu. Seusai lempar Jumroh, seyogyanya memang perlu melakukan Thowaf Wada’ dan Tahallul Kubro sebagai tanda seluruh ritual haji telah selesai. Namun kegiatan dicukupkan hingga lempar Jumroh dengan melihat kondisi siswa dan cuaca yang sudah menginjak siang. 

Built Process

Event Ticket Price

Gallery