Siswa SDMT Berlatih Qurban di Moment Idul Adha

qurban

SDMTPonorogo.com – Idul Adha merupakan momentum yang sangat tepat untuk menumbuhkan sifat kepedulian sosial terhadap sesama. Salah satu bentuk kepedulian sosial tersebut dapat diwujudkan dengan berbagi daging atau hewan qurban baik kambing maupun lembu atau sapi. Kegiatan Qurban merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan setiap tahunnya oleh SDMT. Kegiatan dilaksanakan dalam rangka meningkatkan Keimanan kepada Allah SWT. ¬†Kegiatan bertujuan untuk memberikan edukasi tentang Qurban kepada siswa SD Muhammadiyah Terpadu. Ketua Panitia, Binti Solikah, S.Pd. menyampaikan bahwa “Kegiatan berkurban merupakan pembelajaran awal bagi siswa agar bisa berkurban pada hari raya Idul Adha”.

Pelaksanaan penyembelihan hewan qurban dilaksanakan pada hari tasyrik 13 Dzulhijjah 1436 H (25 September 2015) di halaman belakang SDMT. Pada saat penyembelihan tampak suasana keakraban dan gotong royong antar warga sekolah, guru serta karyawan SDMT. Ustdzah Binti Sholikah sebagai ketua panitia Peringatan Idul Adha tahun ini memaparkan SDMT menyembelih 1 ekor kambing dan 1 ekor sapi dalam Idul Adha 1436 H. Hewan-hewan qurban tersebut berasal dari iuran qurban siswa-siswi SDMT dan hasil sumbangan dari wali dari siswa kelas V, yaitu M. Rayyan Al-Farizi serta wali dari siswa kelas VI yaitu Zaky Mubarok. 

Saat pemotongan hewan Qurban, dalam waktu yang bersamaan seluruh siswa melaksanakan gladi manasik haji karena kegiatan Qurban dan manasik haji merupakan serangkaian kegiatan untuk memperingati Hari Raya Idul Adha 1436 H. Kegiatan ditutup dengan pembagian hewan Qurban kepada warga sekitar SDMT, komite sekolah, seluruh Asatid, staf, dan karyawan SDMT dalam bentuk daging mentah. Sedangkan untuk siswa keesokan harinya ada makan siang bersama dengan menu daging Qurban tersebut.

Momentum Idul Adha merupakan momentum yang strategik dalam menumbuhkan nilai-nilai kepedulian terhadap sesama dalam bentuk pemberian daging atau hewan qurban baik terhadap guru maupun siswa. Sikap peduli terhadap sesama merupakan salah satu nilai karakter positif yang harus dilestarikan dan dikembangkan dalam kehidupan sehari-hari. Semoga Allah memberikan keberkahan dalam penyembelihan qurban tahun ini dan semoga tahun-tahun berikutnya semakin meningkat baik dalam kualitas maupun kuantitas. (YU)

Related Blogs

Leave us a Comment