Selamat, 6 Pengunjung Perpustakaan Paling Sering di SDMT – SDMT PONOROGO

Selamat, 6 Pengunjung Perpustakaan Paling Sering di SDMT

1518414148494

SDMTPonorogo.com – Minat baca masyarakat Indonesia sangat memprihatinkan. Berdasarkan studi Most Littered Nation In The World pada tahun 2016, minat baca masyarakat Indonesia berada di peringat 60 dari 61 negara. Studi tersebut didukung data dari UNESCO bahwa presentase minat baca anak Indonesia hanya 0,01%. Artinya, dari 10.000 anak bangsa, hanya satu orang yang senang membaca.

 

Banyak faktor yang memengaruhi rendahnya minat baca anak, diantaranya tidak adanya penanaman kebiasaan membaca sejak dini, perkembangan internet, dan dominasi budaya tutur di masyarakat. Untuk itulah, keberadaan perpustakaan di sekolah menjadi salah satu fasilitas yang penting. Tidak hanya sebagai wadah untuk mencari referensi, tetapi juga sebagai wadah untuk meningkatkan minat baca anak.

 

Di SDMT, ruang perpustakaan tidak seperti ruangan biasa pada umumnya, namun sebuah taman bacaan yang berbentuk saung. Sehingga menarik dan nyaman untuk anak-anak membaca. Peminjaman buku pada anak juga mulai di berlakukan, agar anak mulai gemar membaca tidak hanya di sekolah namun juga di rumah.

 

Ustadzah Uswa dan Ustadzah Neny selaku pengelola perpustakaan juga memberlakukan absensi di setiap kunjungan. Dari absensi tersebut, setiap sebulan sekali akan dipilih 6 anak dari 6 angkatan untuk diberikan reward sebagai siswa yang paling sering berkunjung ke perpustakaan. Pemberian reward tersebut sebagai upaya memotivasi anak agar sering berkunjung ke perpustakaan untuk membaca buku.

 

Berikut adalah 6 anak yang paling sering berkunjung ke perpustakaan selama bulan Januari : Shofiyah (kelas 1 Al-Hikmah), Roin (Kelas 2 Al-Hikmah), Husain (Kelas 3 Al-Furqon), Aldhi(Kelas 4 Al-Busyro), Ryan R. (Kelas 5 Al-Hikmah), dan Zulfani Nurlaila (Kelas 6 Al-Busyro).

 

Dalam menanamkan minat baca pada anak, perlu kerjasama dari semua pihak. Terlebih dari lingkungan keluarga. Karena keluarga adalah guru pertama bagi anak. Untuk itu, mari Ayah dan Bunda, kita ciptakan lingkungan keluarga yang senang membaca, agar minat baca anak semakin meningkat. Selalu sisihkan waktu luang untuk menemani anak membaca, memberikan penghargaan kepada anak berupa buku. Karena pepatah yang mengatakan Membaca adalah Jendela Dunia bukan omong kosong semata. Membiasakan anak gemar membaca, sama dengan investasi masa depan. (ak/sdmt)

Related Blogs

Leave us a Comment