Perkenalkan Matematika Nalaria melalui KMNR

11

Sdmtponorogo.com KMNR merupakan salah satu ajang lomba matematika yang bergengsi di Indonesia. KMNR atau kepanjangan dari Kompetisi Matematika Nalaria Realistik ini diselenggarakan oleh KPM (Klinik Pendidikan MIPA). KMNR diadakan setiap tahun mulai tahun 2006 silam hingga sekarang.

 

Peserta kompetisi ini mulai dari siswa kelas 1-6 SD/sederajat hingga kelas kelas 10-12 SMA/sederajat. Yang unik dari kompetisi ini adalah sistem pembayaran seikhlasnya, artinya biaya pendaftaran lomba tergantung kemampuan masing-masing peserta (mathstarindonesia.blogspot.com).

 

Peserta KMNR terlebih dahulu diseleksi tingkat kabupaten, lalu ada kuota yang ditetapkan oleh pusat terhadap sekolah yang bersangkutan. Setelah kabupaten, pihak pusat akan memilih peserta untuk maju ke tingkat propinsi lalu ke nasional.

 

Pada tingkat kabupaten akan dilaksanakan bulan Desember mendatang. Sedangkan untuk tingkat propinsi pada bulan Februari dan April untuk tingkat nasional.

 

SDMT sendiri tahun ini adalah kali ke-4 berpartisipasi dalam KMNR. Pada 2014 silam, SDMT mengirimkan 2 orang siswanya hingga tingkat nasional, yang mana pada saat itu 2 orang siswa itu masih duduk di bangku kelas 1. Lalu tahun selanjutnya ada 6 orang siswa yang lolos. Untuk itu pada Rabu (4/10), seluruh siswa mengikuti uji soal KMNR secara serentak. Lalu dikirimkan ke pusat untuk diseleksi.

 

Tujuan dari KMNR sebagaimana diungkapkan Ustadz Amsa dari unit kurikulum, yakni untuk memperkenalkan matematika nalaria internasional kepada semua siswa. Karena selama ini soal KMNR hanya untuk siswa yang mengikuti olimpiade saja. Selain itu juga untuk melatih cara berpikir anak secara nalar dan logika.

 

Di akhir, Ustadz Amsa membagikan kiat sukses mengerjakan soal dengan cara terus belajar mengerjakan soal-soal KMNR, karena soal KMNR berbeda dengan soal harian. Selain itu juga jangan lupa untuk diiringi dengan doa. (ak/sdmt)

Related Blogs

Leave us a Comment

sex hikaye atakoy escort