Pancaroba Tiba, Lakukan 3 Hal Ini

12

Sdmtponorogo.com – Musim pancaroba telah tiba. Hal itu ditandai dengan hujan yang datang secara tiba-tiba dalam waktu singkat, udara yang terasa panas, serta arah angin yang tidak teratur. Dilansir hellosehat.com, musim pancaroba merupakan musim peralihan dari satu musim ke musim yang lain. Seperti yang terjadi saat ini, yaitu peralihan dari musim kemarau ke musim hujan.

 

Perubahan cuaca yang tidak menentu tersebut dapat menyebabkan sejumlah penyakit, seperti asma, sakit kepala, persendian, serta flu. Khususnya untuk sakit flu, menjadi sakit yang banyak diderita oleh warga SDMT, terutama siswa/siswinya.

 

Menurut penelitian di Yale University, penurunan suhu meskipun hanya sedikit dapat membuat virus penyebab flu berkembang biak lebih cepat. Selain itu, udara dingin juga memicu perubahan pada sistem imun. Terlebih terhadap orang yang sering berkumpul bersama banyak orang, maka penyebaran penyakit menjadi lebih mudah terjadi.

 

Menanggapi hal itu, Ustadzah Yeni Rahmawati dalam kesempatan menjadi pembina upacara pada Senin (9/10) menghimbau kepada seluruh siswa. Menurut Ustadzah Yeni, ada tiga hal yang harus dilakukan siswa untuk menjaga kesehatannya di musim pancaroba ini.

 

Pertama, istirahat yang cukup. Tidur yang cukup, jangan sampai larut malam. Kedua, banyak minum air putih dan kurangi minum es. Ketiga, jaga kebersihan sekitar. Walaupun kalian melakukan yang pertama dan kedua, tapi mengabaikan yang ketiga, itu tidak ada gunanya. Karena kebersihan itu sangat penting dalam menjaga kesehatan Ujar Waka Kurikulum itu. (ak/sdmt)

Related Blogs

Leave us a Comment

sex hikaye atakoy escort