Menggali Makna Peringatan Hari Pahlawan

IMG20171110080016

SDMTPonorogo.com Ada satu hari istimewa di bulan November, yakni peringatan hari Pahlawan yang jatuh tiap tanggal 10 November. Berbagai perayaan dilakukan untuk menyambut hari bersejarah ini, mulai dari upacara bendera, pemasangan spanduk, dan kegiatan lainnya.

 

Sepertihalnya yang dilakukan SDMT hariini (10/11).Tim Bahasa SDMT mengubah variasi muhadatsah dengan tema hari Pahlawan. Jika biasanya muhadatsah dilakukan per angkatan dengan pembimbing masing-masing, maka kali inidijadikansatu. Mengambil tempat di Lapangan Tengah, muhadatsah berlangsung meriah.

 

Sejumlah anak melakukan pertunjukan, mulaidari conversation yang membahas tentang pahlawan, hingga menyanyikan lagu kebangsaan secara bersama-sama.Uniknya, yang bertindak sebagai MC pada kegiatan ini adalah salah satu dari siswaitu sendiri. Dan bahasa yang digunakan adalah bahasa Inggris serta bahasa Arab.

 

Sebagai informasi, hari pahlawan tercetus karena adanya pertempuran antara Indonesia dan Inggris di Surabaya pada tanggal 10 November 1945. Dimana pertempuran itu merupakan perang pertama dengan asing, setelah kemerdekaan Indonesia dan menjadi pertempuran terbesar dan terberat dalam sejarah revolusi nasional Indonesia, serta menjadi simbol nasional atas perlawanan Indonesia terhadap kolonisme. Karena hal itu juga, Surabaya akhirnya dikenal dengan sebutan Kota Pahlawan.

 

Berbicara mengenai pahlawan, sejatinya yang disebut pahlawan bukan hanya mereka yang berjuang di medan perang, akan tetapi juga mereka yang berjuang untuk orang lain. Sebagaimana yang diungkapkan Ustadz Efendi, baginya sosok pahlawan terbesar adalah orang tua, karena perjuangannya tidak pernah terhenti sejak kita dalam kandungan hingga dewasa.

 

Menurut Ustadz Efendi, memaknai hari pahlawan adalah mengajak kita menghargai proses. Para pahlawan kemerdekaan Indonesia perlu waktu panjang untuk memerdekakan Indonesia. Tanpa mereka, tidak ada hari ini. Belajar tentang proses, tidak ada yang langsung. Selain itu juga ikut merasakan lelah dan letih perjuangan mereka tambah Koorlas SDMT itu.

 

Ada banyak cara untuk menyambut hari pahlawan. Namun yang terpenting bukan sekedar perayaan semata, tapi belajar dari makna dibaliknya. Hari pahlawan mengingatkan kita tentang perjuangan. Tentang orang-orang yang berjasa di kehidupan kita. Bagi anak, pahlawan mereka adalah orang tua. Bagi siswa, pahlawan mereka adalah guru. Setiap orang punya pahlawannya masing-masing.

Selamat hari pahlawan. Siapa pahlawan dalam hidupmu? (ak/sdmt).

Related Blogs

Leave us a Comment