Manasik Haji “Komplit” SDMT Terapkan Peer Learning

IMG-20160914-WA0004

SDMTPonorogo.com – Manasik haji SDMT tahun 2016 yang diadakan hari Rabu (14/9/2016) ini diikuti oleh seluruh siswa SDMT yang dikelompokkan jadi 4 kelompok. 

Dalam tiap kelompok ada unsur siswa kelas atas dan kelas bawah seperti kelas VI dengan kelas I, atau kelas V dengan kelas III dan kelas IV dan kelas II. Maksud dari percampuran unsur kelas atas dan bawah ini adalah untuk peer learning atau pembimbingan siswa senior kepada adik kelasnya. 

Bukan saja memudahkan pembimbingan proses manasik haji, tetapi juga merupakan pembelajaran bagi kelas VI untuk bertanggungjawab membimbing adik kelasnya.

Manasik haji SDMT tahun ini melibatkan 715 siswa, 80-an personil guru dan pegawai, memanfaatkan seluruh area SDMT dan lingkungan masjid Ihsan Ronowijayan. Prosesi dimulai di halaman gedung kreatif untuk miqot, halaman tengah untuk Masjidil Haram tempat thawaf, depan Buya Hamka untuk sa’i, sedang Islamic center dan masjid Ihsan untuk wuquf, mabit dan lempar jumrah.

Manasik haji SDMT tergolong manasik yang komplit karena mempraktekkan thawaf qudum, ifadah dan wada’, juga lempar jumrahnya terdiri dari aqobah, ula dan wustho. Kegiatan miqat, mabit di Mina dan Muzdalifah juga tidak ketinggalan. Sa’i dua kali dan tidak lupa wukuf juga dipraktekkan. (EI/SDMT)

 

Related Blogs

Leave us a Comment