Nama-nama Kelas di SDMT merupakan Nama-Nama Al-Quran

img_20160809_173506

SDMTPonorogo.com – SDMT Ponorogo yang kampusnya ada di Kelurahan Ronowijayan di bagian timur kota Ponorogo atau di daerah kota lama ini memiliki hampir 30 rombongan belajar (rombel), dimana tiap angkatannya ada 5 rombel, dengan jumlah siswa 25 orang di tiap rombel, dan 715 siswa secara keseluruhan.

Pada awalnya rombel-rombel di SDMT dinamai A, B dan C. Jadi disebutnya I A, I B dan I C.

Pada perkembangannya, diperlukan penamaan untuk 5 rombel yang ada di tiap angkatan. Hampir spontan disepakati secara aklamasi untuk menggunakan nama-nama Alquran, apalagi Alquran memiliki banyak nama.

Atas usul Ust Efendi Qasim, nama-nama yang disodorkan Ust Imam, yang mencapai puluhan nama Alquran, maka dipilihlah 5 nama Alquran yang diawali “al” atau lam ta’rif qomariyah, dengan maksud agar mudah disebut. Berbeda dengan awalan lam ta’rif syamsiyah, seperti An-Nuur, Adz-Dzikr, dan sejenisnya.

Adapun nama-nama itu adalah Al-Furqan (yang membedakan antara yang haq dan bathil), Al-Hikmah (yang mengandung hikmah dan kebijaksanaan), Al-Huda (petunjuk), Al-Bayan (yang memberikan penjelasan) dan Al-Busyro (yang memberi kabar gembira).

Diharapkan dengan nama-nama Alquran ini memberikan makna yang dalam bahwa apapun yang dipelajari dan diterima anak-anak tidak lain sebagai bentuk dari mempelajari segala ilmu yang bersumber dari Alquran. “Sebaik-baik kalian adalah yang belajar Alquran dan mengajarkannya.” (EI/SDMT)

 

Related Blogs

Leave us a Comment