Hari Aksara Internasional

IMG_4449

Sdmtponorogo.com – Tahukah apa itu Hari Aksara Internasional (HAI)? Hari Aksara termasuk dalam salah satu hari besar yang diperingati oleh Indonesia dan dunia setahun sekali tepatnya pada tanggal 8 september. HAI ditetapkan melalui konferensi umum UNESCO tanggal 17 November 1965 silam di Teheran, Iran.

 

Dalam dunia internasional, HAI disebut dengan International Literacy Day. Sementara di Indonesia disebut sebagai Hari Aksara. Hal yang melatarbelakangi HAI yaitu masih banyaknya individu dewasa yang buta aksara di seluruh dunia. Perayaan HAI di Indonesia dipusatkan secara bergilir di setiap propinsi. Tahun ini dilaksanakan di Kuningan, Jawa Barat dengan mengusung tema Literacy in a Digital World.

 

Pemaknaan tentang literasi sejatinya tidak hanya terfokus pada kegiatan membaca dan menulis. Baca dan tulis hanyalah salah satu dari dasar-dasar literasi. Literasi sama dengan melek informasi. Artinya literasi merupakan semua kegiatan yang berkaitan dengan pemerolehan informasi, kemudian mampu memahami dan menganalisisnya. Untuk itu, literasi melatih kekritisan berpikir.

Selamat Hari Aksara. Happy International Literacy Day. (ak/sdmt)

Related Blogs

Leave us a Comment

sex hikaye atakoy escort